/>

[Review] Goodfellas (1990) | Mengenang Henry Hill - Menjadi Gangster adalah Tujuan Hidup Seseorang

Review Goodfellas (1990) Indonesia


Goodfellas merupakan film drama crime yang dirilis tahun 1990 lalu. Film ini diarahkan oleh sutradara kawakan, Martin Scorses dan dibintangi sejumlah cast ternama, mulai dari Robert DeNiro, Ray Liotta dan Joe Pesci. Goodfellas merupakan adaptasi dari novel berjudul Wiseguy yang ditulis oleh Nicholas Pileggi yang belum sempat saya baca, seperti biasa. Novel tersebut diambil dari kisah nyata sehingga film Goodfellas ini menggambarkan kondisi asli. Kisah Goodfellas berpusat pada kehidupan mafia gangster dari Henry Hill. Kehidupan gangster adalah kisah yang sangat menarik kala itu dan Goodfellas sangat baik dalam menunjukkan dan mempersebahkan kisah itu ke layar lebar. Maka tidak Film ini banyak dipuji sebagai salah satu film bergenre crime terbaik yang pernah dibuat. Adanya aktor-aktor jempolan, termasuk aktor Robert DeNiro, pun seakan menjadi jaminan kualitas film ini.

Goodfellas mendapat respon yang positif dari para pengamat film juga pecinta film. Film ini juga termasuk dalam jajaran film terbaik sepanjang masa dan banyak mempengaruhi film film dengan tema mafia, gangster dan kehidupan organisasi hitam. Meskipun Goodfellas sukses dan mendapat enam nominasi Oscar pada ajang Academy Awards, tapi tetap saja dalam daftar imdb, rotten tomattoes, dan daftar film lain mengatakan Godfatherlah yang masih mengepalai film Mafia terbaik di dunia.

Namun jika dilihat dari waktu perilisan kedua film tersebut antara Godfather & Goodfellas, jelas Goodfellas menang disisi kejahatan modern, gangster , dan mafia. Mereka berdua pasti memiliki perbedaan yang mencolok. Katakanlah, jika Godfather (Al-Pacino) bertemu Goodfellas (Robert De Niro, Ray Liotta, dkk)
Apakah Al-Pacino berani macam - macam?

Goodfellas adalah film kehidupan gangster yang sangat mengerikan . Meskipun sudah begitu lama Goodfellas tercipta saya tetap akan menyarankan siapa saja untuk menonton film ini. Karena banyak sekali unsur pelajaran yang dapat diambil dari Good (Baik) Fellas(Kawan). Iya, arti dari judulnya adalah kawan baik. Unsur kriminalitas yang tertera dilayar mungkin mendominasi para penonton karena benar Goodfellas sungguh mendominasi bagian - bagian kejahatan yang ada di sisi Henry Hill.
Quote :
"What do you mean I'm funny?" - Tommy DeVito
Apa maksudmu saya lucu?
Ini yang saya maksud, Tommy disini langsung membunuh orang yang mengoloknya padahal ia tahu orang yang mengoloknya itu adalah anggota gangster lain.. Ia bahkan tidak peduli siapa yang mengoloknya sekali ia diganggu dihabisinya.
Tidak ada ruang untuk musuh hanya ada kawan.

Goodfellas sendiri menceritakan kisah Henry Hill (Ray Liotta), seorang anggota gangster yang masih tergolong kecil. Bersama dua temannya sesama gangster, Jimmy Conway (Robert DeNiro) dan Tommy DeVito (Joe Pesci), mereka memulai karir gangster sejak kecil hingga bersama-sama mulai naik dalam hirarki mafia teratas di kota. Walaupun ketiga orang ini adalah komplotan penjahat tapi ketiga gangster ini mungkin adalah yang terbaik dari penjahat lain.

Goodfellas menghadirkan tema drama gangster, layaknya film film klasik The Godfather(seperti yang saya bilang) Film ini juga menghadirkan akting apik dari para aktor, dimana Joe Pesci mampu mencuri perhatian lewat perannya sebagai Tommy DeVito sebagai mafia kejam namun tidak disangka terlihat lucu (kebalik)Tentu film ini menjadi film wajib tonton bagi para penggemar genre crime, terutama film film yang berhubungan dengan kehidupan mafia dan gangster.

Ray Liotta, selaku pemeran Henry Hill saat ia masih hidup: "Selama saya memainkan peran Henry di Goodfellas, saya hanya bertemu dengan beliau dalam waktu yang singkat jadi saya tidak bisa bilang saya kenal beliau tapi saya tahu bahwa  beliau memiliki kehidupan yang rumit."

Liotta added: "My heart goes out to his family and may he finally rest in peace."


Cast Pemain :
Robert DeNiro, Ray Liotta, Joe Pesci, Lorraine Bracco

Informasi Umum :
Sutradara : Martin Scorses
Penulis : Nicholas Pileggi, Martin Scorsese
Genre : Crime, Drama, Biography
Tanggal Rilis : 21 September 1990
Durasi : 146 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris (utama), Italia
Produksi : Warner Bros.



Rating dan Penilaian :
IMDb Rating : 8.7
Rotten Tomatoes Meter : 96%
Metascore Critics : 89%
Rating NamaFilm : 9.0

Nominasi Oscar Academy Awards (6) :
Best Supporting Actor (Joe Pesci) (Win)
Best Picture
Best Director
Best Supporting Actress (Lorraine Bracco)
Best Adapted Screenplay
Best Film Editing

Next Post Previous Post