/>

[Review] Bandersnatch 2018 (Indonesia)


Membaca ulasan di sini saya memperhatikan dua tren. Orang-orang terpesona dan memuji "Bandersnatch" karena itu baru dan berbeda, atau mereka membencinya karena mereka pikir itu membosankan dan tidak benar-benar memberi mereka pilihan yang sebenarnya. 

Setiap cerita yang terdapat di Bandersnatch adalah pilihan masing-masing penonton. David Stale menawarkan pertunjukkan berbeda dari pertjunkkan lainnya, ia menyajikan Bandersnatch seperti hidangan dua pilihan. Stale menawarkan mode interaktif kepada penonton untuk ikut ambil bagian dalam perjalanan alur cerita Bandersnatch.

Kalian akan disuguhkan kepada alur cerita yang berulang - ulang dengan akhir cerita yang berbeda - berbeda. Untuk film thriller dan kalian pecinta genre tersebut saya yakin Bandersnatch akan jadi salah satu film yang membuat kalian kegirangan dengan cerita yang sempit, petunjuk yang kurang jelas, dan akhir yang tidak menyenangkan.



Daftar isi

Walaupun tujuan awal Bandersnacth adalah membuat para penikmat film memilih sendiri jalan sampai akhir tetapi tetap saja cerita yang sempit membuat cerita dan banyak pentonton merasa bahwa Bandersnacth adalah tontonan yang membosankan. Dan untuk film Thriller yang hanya berdurasi kurang lebih sembilan puluh menit ini sebenarnya cukup memberikan banyak teka-teki dan lika-liku cerita yang membingungkan. 

Tapi untuk menyiasati kebingungan itu David Stale jeli menyisipkan berbagai petunjuk kepada pemirsa tentang film apa yang ditonton. Jadi jangan terlalu bingung dan langsung mencari-mencari penjelasan ke google untuk mengetahui apa dan maksud tujuan film Bandersnatch karena pada setiap bagian dari film sudah banyak petunjuk dan opsi yang diberikan untuk kalian semua para penonton.

Awal Mula


Bermula dari serial tv  'Black Mirror' yang mempunyai keunikan tersendiri pada ceritanya yang membuat penonton terpikat dan setelah beberapa tahun sejak serial pertamanya di tayangkan semakin banyak penonton menginginkan RPG dan barulah pada tahun 2018 dibuat Black Mirror versi Netflix berdurasi kurang dari 100 menit lebih ditayangkan pada layanan streamingnya di seluruh dunia. 

Sebuah film interaktif yang bisa membuat penonton memilih alur ceritanya. 
Dengan mode interaktif yang ditawarkan, dalam beberapa scene film kamu akan dapat dua opsi aksi yang dapat dipilih. Tentunya setiap pilihan akan memiliki dampak yang beragam dan akhir yang berbeda pula. Beberapa pengulas film dan fans sudah banyak yang memberikan bocoran alternatif akhir cerita bahkan diagram yang disarikan dari opsi-opsi yang bisa dipilih penonton. 

Saya ingin memberi tahu apa yang akan terjadi jika alih-alih memilih pilihan yang 'buruk', saya memilih pilihan yang baik terlebih dahulu. Saya akan membayangkan beberapa pilihan 'baik' ini akan membuat lingkaran yang baik juga. Saya juga ingin mencatat bahwa saya hanya menonton film 'Black Mirror' pada episode Bandersnatch saja yang berdurasi 5 jam lebih. Ya, saya menoton itu semua dan saya tidak menonton versi serial tv, sorry. 

Bandersnatch Mempunyai Ending Lebih dari 5


Saya pikir banyak orang yang kehilangan point penting Bandersnatch ini. Ini bukan tentang game yang dibuat Stephan. Juga bukan tentang memilih gaya petualangan Anda sendiri yang disajikan episode kepada pemirsa. Ini adalah tentang alam semesta paralel dan teori string. Khususnya aspek teori string yang berteori bahwa ada jumlah tak terbatas alam semesta paralel di mana SETIAP hasil yang mungkin untuk SETIAP pilihan yang kita buat ada. Inilah sebabnya setelah 'reset' pertama (yang di mana Anda memutuskan untuk bekerja di rumah ketimbang bekerja di perusahaan ) Colin tiba-tiba telah membaca buku Bandersnatch, di mana ketika pertama kali ia mengatakan ia belum melakukannya. 

Bukti lain yang menunjukkan ini semua adalah ketika Stepfan dan Colin bersama-sama di sebauh apartemen mencoba membuktikkan teori String tersebut (yang mana Anda memilih tidak lompat dari apartemen pada ketinggian yang cukup untuk membunuh Anda dan Colinlah yang melompat sambil mengatakan 'sampai jumpa lagi') Stepfan tiba-tiba mengenal Colin saat pertama kali bertemu dengannya di perusahaan, di mana pertama kali ia mengatakan ia baru pertama kali bertemu dengan idolanya setelah membuat keputusan untuk tidak melompat dari apartemen , ketika Colin mengatakan (kita pernah bertemu 'saya mengatakan 'sampai jumpa lagi' dan saya benar').

Saat pertama kali melihat Colin seperti itu saya berpikir Colin adalah pembaca narasi tetapi sebenarnya tidak!. Colin lebih dari sekedar pembaca narasi. Dalam Bandersnatch yang dimana itu artinya adalah video game dan setiap video game selalu ada karkater dimana kalian diberikan petunjuk-petunjuk untuk memainkan game tersebut khususnya game petualangan seperti Bandersnatch. Colin disini bak karakter dalam video game yang memberi petunjuk untuk memainkan game dan kadang muncul pada tingkatan-tingkatan level tertentu.

Plot / Alur Cerita


Cerita yang memiki banyak akhir (alur tiap waktu berbeda). Penonton yang mencoba mencari inti cerita tapi sedikit dari mereka mendapatkan titik terang. 

Dimulai saat tokoh utama bangun dari tempat tidurnya. Memulai pagi dengan dua pilihan sarapan yang sedikit membingungkannya dan mengambil sedikit waktu untuk memilih. 
Dilanjut tokoh utama Stefan Butler (Fionn Whitehead) adalah seorang programmer yang ingin membuat game ciptaannya sendiri. Ia terobsesi menciptakan game yang menantang, yang mampu mengalahkan idolannya Colin Ritman (Will Poulter), sang pembuat game populer. Ia memulai obsesinya sejak mengetahui novel thriller yang dibuat oleh penulis yang dulunya percaya akan sebuah teori yaitu dunia paralel dan seakan-akan teori tersebut benar adanya sehingga ia percaya bahkan tidak ada namanya kehendak bebas. Setiap keputusan yang kita pilih di dunia sekarang ada diri kita yang mengambil keputusan berbeda. 

Terdengar gila memang, bagaimana bisa? dan seperti apa jika dibayangkan? CRANIAC! Saya tidak dapat membayangkanya sinopsis tersebut akan seperti apa.
Ketika Stefan memilih sarapan dan  diberi dua pilihan kemudian memilih pilihan pertama, itu berarti ada Stefan berbeda disaat yang sama memilih pilihan kedua atau kira-kira seperti itulah gambarannya. Teori ini mengubah dan mengatur alurnya cerita. Ada lebih dari satu cerita, tempat, karakter, tokoh sampai akhir terdapat disatu film Bandersnatch ini, jadi jika kalian sedikit bingung dan bimbang  Bandersnatch  sebenarnya menceritakan tentang apa..itu normal.

Kembali ke alur cerita, setelah sarapan Stefan berangkat untuk merangkai game yang diobsesikannya ke perusahaan game terkenal pada waktu itu. Pada awalnya memang seperti biasa saja, yaitu Stefan datang ke perusahaan penerbit game dan menyampaikan gagasannya. Oh ya, pada saat ia berangkat dari rumah ke perusahaan menaiki bus lagi-lagi ada moment dimana ia harus membuat satu pilihan dari dua pilihan yaitu ingin memilih lagu apa yang ingin dia dengarkan sepanjang perjalanannya. 

Mulai dari pertama kali film diputar sampai pada akhirnya Stephan disuguhkan barkali - kali pilihan yang mana itu juga ditujukan kepada penonton untuk memilih alur cerita dan ending masing - masing.

Review / Ulasan


Bandersnatch merupakan film imliah dan baru-baru ini saya menemukan arti dari simbol yang terus dilihat Stephan (ini adalah tato / simbol dari "White Bear"), adalah contoh dunia paralel yang berdarah. Bukti terbaik dari ini adalah selalu ada pada akhir "Bandersnatch". 

Untuk nanti ini agak benar, tetapi ada alasan simbolis untuk mendapatkan karakter setiap kali pemirsa 'membunuh' dia. Saya ingin tahu apa yang akan terjadi jika alih-alih memilih pilihan yang 'buruk', saya memilih yang baik terlebih dahulu. Saya akan membayangkan beberapa pilihan 'baik' ini akan membuat lingkaran yang sama, yang merupakan intinya. Saya juga ingin mencatat bahwa saya hanya pernah menonton acara episode / film / hiburan. Jadi, jika saya melewatkan beberapa hal, minta maaf. Saya pikir banyak orang kehilangan titik episode ini. 

Ketika Stephan pergi untuk mengambil kelinci dari brankas khusus ayah, jika Anda memilih untuk memasukkan kode PAC daripada MAINAN Anda mendapatkan dua hasil yang sangat berbeda. PAC membuatnya jadi ayah benar-benar agen pemerintah yang mempelajari Stephan. Segala sesuatu dalam hidupnya adalah palsu, bahkan ingatan akan ibunya pergi, yang ditunjukkan dengan pengaturan yang rumit dengan seorang aktris yang berpura-pura menjadi ibunya. MAINAN di sisi lain membuatnya jadi Anda harus memilih untuk kembali ke masa lalu dan meletakkan mainan di bawah tempat tidur setelah ayah membawanya pergi. Ini akan memastikan itu ada di sana ketika ibu datang untuk mendapatkan Stephan untuk kereta. Sekarang pikirkan ini sebentar. Dalam satu contoh ibu adalah tanaman dan kehidupan Stephan adalah kebohongan. Dalam contoh lain ibunya nyata dan sejauh yang kami tahu ayah BUKAN agen pemerintah. Mana yang nyata? Kedua. Karena dengan alam semesta paralel ada jumlah alam semesta tak terbatas dengan jumlah Stephans tak terbatas yang memimpin setiap kehidupan yang mereka bisa. Dalam beberapa ibu Stephan masih hidup dan ayah sudah mati. Dalam beberapa kedua orang tua masih hidup, sementara yang lain keduanya mati, dll. Setiap hasil yang mungkin di luar sana. Untuk beberapa alasan Stephan berhubungan dengan versi dirinya yang lain ini. Saya percaya ini ada hubungannya dengan pemahamannya yang mendalam tentang buku "Bandersnatch" dan pemindahan bukunya ke dalam video game. Ini memungkinkan dia untuk melihat dan dalam beberapa kasus berinteraksi dengan realitas lain, tetapi perlu diingat ini adalah kenyataan lain yang bukan miliknya. Jika Anda memilih untuk membuat Stephan melompat dari gedung sementara di LSD misalnya, ya loop ulang dan Anda, pemirsa, mulai dari awal, tetapi Stephan dalam kenyataan itu sudah mati. Kisah berlanjut dengan Stephan dalam kenyataan lain yang tidak membuat pilihan itu. Episode ini sangat menarik, jadi saya bisa melihat mengapa beberapa orang tidak begitu menyukainya. Saran saya adalah kembali dan mencobanya lagi. Buat beberapa pilihan berbeda.

Pemeran dan lain - lain


Sutradara - David Slade
Penulis - Charlie Brooker
Produser - Russell McLean
Tanggal siar - 28 Desember 2018
Durasi - Bervariasi (durasi normal 90 menit)[1]
Fionn Whitehead sebagai Stefan Butler
Will Poulter sebagai Colin Ritman
Asim Chaudhry sebagai Mohan Thakur
Craig Parkinson sebagai Peter Butler
Alice Lowe sebagai Dr. Haynes
Tallulah Haddon sebagai Kitty
Laura Evelyn sebagai Pearl Ritman
Catriona Knox sebagai Leslie
Jonathan Aris sebagai Crispin
Paul Bradley sebagai Robin
Alan Asaad sebagai Satpal
Suzanne Burden sebagai Judith Mulligan
Jeff Minter sebagai Jerome F. Davies


Refrensi

imbd
rogerbert
wikipedia
balecter.blogspot.com
movfreak.blogspot.com
google
Next Post Previous Post