/>

Fakta Unik & Menarik | Gak Kalian Tahu dari Goodfellas

Fakta Unik yang Gak Kalian Tahu dari Goodfellas 


Goodfellas adalah film drama kriminal terbaik yang pernah diciptakan oleh sutradara ternama Martin Scorsese. Damn, walaupun sudah mendekati umur ke dua puluh sembilan pada tahun ini, Goodfellas masih menjadi film yang wajib ditonton buat para pecinta film.

Mengambil kisah kehidupan seorang gangster dan kawan - kawannya Henry Hill. Film ini dibintangi sederet bintang ter-epic seperti Robert De Niro,  Joe Pesci, Ray Liotta, dll.
Sering di jerumuskan ke tempat film Mafia terbaik sepanjang masa, ternyata memiliki beberapa fakta unik yang bikin makin suka dengan film Goodfellas ini. Berikut fakta uniknya: 

1. Goodfellas Vs Godfather

Karena kedua tema film tersebut adalah kriminalitas mafia yang menunjukkan sisi kejahatan kota yang memberikan kengerian pada penonton banyak sekali fans, komunitas pecinta film yang membanding - bandingkan Goodfellas adalah film Mafia terbaik melewati film The Godfather sendiri yang masih bertenger di rating teratas imdb terlepas dari mana asal mafia mereka masing - masing, hehe.

2. Dicipline

Sekali lagi, film ini adalah kisah kehidupan seorang Henry Hill yang diperankan oleh Ray Liotta. Nah, demi menunjukkan perfect performance Ray selalu melatih aktingnya mengikuti sifat, karakter, dan gaya bicara Henry Hill dengan mendengarkan rekaman suara Henry Hill yang asli setiap kali berkendara. Alhasil, akting Ray bisa dibilang mirip layaknya Henry Hill sendiri.

3. F-Spam

Apa itu f spam, f spam adalah penggunaan kata yang mempunyai huruf "F" khususnya kata "Fu*k" secara terus - menerus atau berlebihan. Gak percaya? 
Tercatat ada 296 kata berawalan huruf F yang diiringi U, C, dan K terekam di sepanjang film ini. Kata-kata tersebut memang sengaja dimasukan sebagai penggambaran kerasnya pergaulan antara mafia ini. Sankin banyaknya huruf "f" ini Ibunya Joe Pesci, setelah menyaksikan film ini, sakit kepala sambil bertanya apakah kata-kata kasar tersebut memang diperlukan?

3. Seharusnya Tom Cruise & Madonna

Ray Liotta memang tampil cemerlang berperan sebagau Henry Hill. Begitupun pasangan Henry Hill yang diperankan oleh Lorraine Bracco. Namun sebenarnya kedua pasangan tersebut bukanlah pilihan yang dipertimbangkan produser, melainkan Tom Cruise dan Madonna lah yang di pertimbangkan untuk mengisi kedua peran tersebut.

4. Membunuh tidak jantan

Untuk sebuah film dengan genre crime dan tema mafia yang penuh dengan kejahatan, fakta uniknya angka pembunuhan yang terjadi dilayar hanya terhitung lima. Berbeda dengan film kejahatan lainnya yang menunjukkan sisi pembunuhan dilayar mereka. Tapi  Goodfellas unik, pembunuhan yang terhitung sedikit namun situasi yang mencekam setiap saat  film berisi ancaman membunuh dan aura bahaya tak pernah berhenti diserukan para karakter. Jika dibandingkan film Martin lain The Departed, ada 24 adegan pembunuhan dan jaih berbeda dengan Saving Private Ryan yang ada 255 adegan membunuh didalamnya.

5. 5 Kata

Untuk film bagus Goodfellas belum cukup diterima oleh kalangan kritikus pada masa itu. Pada masa penghargaan Oscar 1991 yang didonimasi oleh film Dances with Wolves-nya (Kevin Costner), Goodfellas hanya mendapat satu Oscar (Academy Award) yang cukup mengejutkan karena ditujukan untuk Joe Pesci sebagai The Best Supporting Actor. Saking terkejutnya Joe Pesci memberi speech terpendek sepanjang sejarah Oscar, cuma 5 kata: “It’s my privilege, Thank you“

6. Sounds Nice
Film Scorsese emang selalu khas dengan soundtrack yang matching dengan filmnya. Dari lagu pembuka Rags To Riches-nya Tony Bennett sampai penutup My Way oleh Sex Pistols. Semua lagu punya kekhasannya sendiri sehingga sangat cocok didengarkan saat film mulai . Hal ini tentu berkaitan dengan kebijakan Scorsese dalam memilih lagu,  semuanya harus berhubungan dengan tema adegan yang terjadi di layar.

7. Over
Henry Hill akhirnya meninggal dunia sungguhan pada tahun 2012. Sungguh benar - benar benat ia bisa bertahan selama itu padahal musuhnya dari kalangan mafia dan thungs sangat banyak. Ada lebih dari 50 mafia mungkin 60 lebih yang berhasil ia jebloskan ke penjara berkat perannya sebagai seorang snitch. Henry Hill menghasilkan sangat banyak uang di masa ia masih terlibat dalam praktek kejahatannya sebagai mafia. Namun ia habiskan untuk berfoya-foya dan hal - hal yang ttidk jelas. Hidup sebagai average schnook mungkin gak menyenangkan, tapi kita gak akan bisa menikmati Goodfellas jika itu tak terjadi. Dan betapa hebatnya Henry Hill ia meninggal bukan ditangan musuhnya melainkan karena penyakit jantung yang dideritanya.


Apa adegan favoritmu di Goodfellas? Dan setujukah kamu jika Goodfellas disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa? Diskusikan dibalecter.. Tempat balectersia berkumpul. 
Next Post Previous Post