/>

Psi Ko Pat Bale C

Tidak Normal Yang Suka Aksi Ini

PSIKOPATTT


Pada tahun 1991, novel kontroversial karya Bret Easton Ellis "American Psycho" menggemparkan dunia? perempuan menuduhnya sebagai misoginis, kotoran seksis, dan lainnya dimengerti dengan terguncang oleh penggambarannya yang brutal dan gamblang tentang kekerasan dan penyiksaan tanpa alasan.

Ditetapkan pada tahun 1980-an, buku ini mengikuti kisah seorang lulusan Harvard berusia 27 tahun bernama Patrick Bateman, yang terus melakukan pembunuhan dan pembunuhan "dua puluh, mungkin empat puluh orang." Awalnya dijadwalkan untuk diedarkan pada tahun 1990, tetapi Random House menarik keluar dari distribusi, takut reaksi. Itu kemudian dirilis sebagai bagian dari Seri Vintage, dan dengan cepat menjual lebih dari 250.000 eksemplar, menjadi salah satu karya sastra paling populer (dan, bagi beberapa, penting) zaman kita.

Dalam film tersebut, aktor Welsh Christian Bale memerankan Bateman dengan riang lidah, apakah mengaku melakukan pembunuhan lewat telepon ("?? Aku hanya harus membunuh banyak orang!") Atau menari ke Huey Lewis and the News ' Album "Fore" sebelum memukul rekan di atas kepala dengan kapak.

Patrick pria yang bermasalah. Di permukaan, ia tampak normal ?? dia adalah broker Wall Street dengan sekretaris, suite apartemen mahal, limusinnya sendiri, dan kartu nama mewah. Tapi di dalam, dia monster ?? lengkap dengan nafsu darah yang tak pernah puas dan kurangnya empati untuk sesama manusia. (Jika dia memang dapat diklasifikasikan sebagai satu.) Sebagai film dan novel, "American Psycho" adalah serangan terhadap absurditas era 80-an yuppie ?? terkadang sindirannya tidak terlalu halus, bahkan seringkali dibuat sangat jelas, tetapi saya menyukainya. Karena filmnya begitu eksentrik dan over-the-top, dan Bale begitu gila dan gila, sindiran perlu sama kuatnya ?? dan itu. Entah itu para pebisnis yang ngiler tentang kartu bisnis fetisistik satu sama lain atau Patrick mendiskusikan nuansa musik pop modern sebelum membunuh lebih banyak korban, "American Psycho" hits kuat dan keras ?? ini adalah pengalaman sinematik dan visual yang luar biasa. Itu tidak bisa dikutuk karena tidak sopan ?? tidak pernah ada.

Pertunjukannya luar biasa. Bale hebat sebagai Bateman, benar-benar mewujudkan karakter. Ketika seorang pria bingung dengan lingkungannya, dan hanya ingin mati-matian untuk menyesuaikan diri, Bateman mendengarkan Genesis dan "Hip to Be Square"; akhirnya kami memiliki bukti bahwa terlalu banyak Phil Collins dan Huey Lewis akan mengubah Anda menjadi Ed Gein berikutnya.

Mungkin beberapa penggemar novel ini tidak akan menyukai penampilan Bale (kadang-kadang, itu tampak lucu, seperti ketika dia membunuh rekan kerjanya Paul Allen, yang diperankan oleh Jared Leto). Tetapi saya pikir itu adalah perpaduan sempurna dari introspeksi, kebencian diri, kebencian luar, nafsu, konformitas dan skizofrenia. Bale berhasil menangkap semua ini dengan sempurna, dan pada akhir film, saya tidak bisa membayangkan orang lain dalam peran itu.

Willem Dafoe, Chloe Sevigny dan Reese Witherspoon semuanya memiliki peran sebagai pemeran pembantu, tetapi pada akhirnya Bale yang benar-benar menggerakkan film ini ke rumah ?? ia adalah alasan yang pantas untuk dilihat, dan sebagian alasannya melampaui batasan khas genre-nya.

Sejak dirilis, banyak kritikus menuduh "American Psycho" sebagai versi yang lebih sederhana dari buku itu, "benar secara politis" dan "kurang sindiran." Namun, saya tidak ingat kapan terakhir kali saya melihat seorang pria memukuli seekor anjing sampai mati dengan tumit sepatunya dalam sebuah film layar lebar. Atau mengejar pelacur yang benar-benar telanjang, menggunakan gergaji berdarah. Atau pegang pistol di kepala kucing dan mengancam untuk memberi makan ke mesin ATM.

Bahkan, ketika "American Psycho" dipratinjau sebelum Motion Picture Association of America, mereka memberinya peringkat NC-17 ?? bukan karena kekerasannya, seperti yang bisa diduga, tetapi lebih karena adegan threesome antara Patrick dan dua pelacur.

Sutradara Mary Harron memotong rekaman dari film dan akhirnya berhasil mencapai peringkat-R, tetapi pada DVD "Uncut Killer Collector's Edition" yang baru, Anda dapat melihat film seperti yang seharusnya dilihat ?? dan itu adalah suguhan yang sangat baik. Sekarang permisi, saya harus mengembalikan beberapa kaset video.
Next Post Previous Post